Simak Caranya Proses Pembuatan Knalpot Motor

Simak Caranya Proses Pembuatan Knalpot Motor
Di Posting Oleh : Admin
Kategori : Tentang Bisnis Tentang Home Industri Tentang Karya Seni Tentang Kendaraan Tentang Tehnik Tip's Blog Tutorial, Teknologi dan Kesehatan: Mangaip Blog | Berita Terkini dan Terbaru: Terbaru.co.id

Tahukah anda bahwa bahan dasar pembuatan knalpot biasa diproses menurut bahan drum bekas

Agar wawasan anda lebih terbuka seputar proses pembuatan knalpot motor silahkan gali informasi sebanyak - banyaknya bersama kami di sini.

Ternyata ada banyak sekali Knalpot Non Standart yang keren - keren modelnya dengan harga yang terjangkau dan kwalitas yang terjamin, sebelum anda memutuskan untuk belajar membuat knalpot dan memproduksinya secara massal dengan skala home indutri, ada baiknya anda menyimak terlebih dahulu contoh - contoh knalpot motor yang sedang trend dan di gemari para pecinta otomotif di indonesia, selengkapnya bisa melihatnya sejenak di --> SINI

Untuk contoh - contoh model produk knalpot motor yang lebih lengkap dengan bahan dasar yang berkwalitas hingga bahan dasar serat karbon, serta pada umumnya ada di indonesia dan mudah didapatkan di pasaran, selengkapnya bisa juga anda simak  di --> SINI

Knalpot atau jika di artikan dalam bahasa indonesia disebut sebagai Saringan Udara, memiliki rumus perhitungan agar knalpot yang anda buat dapat berfungsi dengan maksimal, silahkan anda simak rumusnya di bawah ini :

RUMUS PERHITUNGAN UKURAN KNALPOT

L = ( 850 x ET ) / MAX RPM – 3

L = panjang pipa knalpot yang akan dibuat

ET = Exhaust Timing, kapan klep buang mulai membuka sebelum TMBMAX

RPM = RPM yang dimau untuk mendapatkan puncak tenaga

Contoh : Jika Mesin motor anda timing exhaust mulai membuka 80 derajat sebelum TMB , maka perhitungannya adalah

L = ( 850 x 260 ) / 10,000 – 3L = 19.1 inches = 485 mm

Kemudian kita akan mementukan diameter pipa knalpot yang dibutuhkan adalah sbb :

D = sqrt ( CC / ((L + 3) x 25) ) x 2.1

D adalah diameter pipa yang diinginkan

CC adalah kapasitas silinder

L adalah panjang knalpot

Maka diameter pipa knalpot untuk motor anda adalah :

D = sqrt ( 171 / ((19.1 + 3 ) x 25) ) x 2.1

D = 29

mmsqrt = 0.317 = 0.563

Gambaran Model Knalpot :

Ukur sepeda motor anda dari sambungan pipa pada mesin kepala ke kaki pasak dan kemudian ke belakang, jangan lupa buat gambar sketsa bentuk dasar untuk knalpot Anda,

Cobalah anda perhatikan skema sistem pembuangan udara knalpot  berikut ini  :

8 Ruang bakar. 9 Katup buang. 10 Saluran buang. 11 Exhaustmanifold. 12 Catalytic converter. 13 Muffler.Umumnya komponen dalam sistem pembuangan terdiri dari :

Kepala silinder, dimana pipa pembuangan dimulai, kecuali pada mesin dua langkah dimanasaluran pembuangan ditempatkan dibagian bawah dinding silender.

Exhaust manifold atau exhaust header, dimana pipa dari beberapa ruang bakar/silinderbergabung.

Catalytic converter untuk menurunkan kadar gas beracun, CO, HC dan NO

Knalpot, pipa untuk mengalirkan gas hasil pembakaran.

Peredam suara atau disebut juga muffler yang berfungsi untuk meredam suara. Pada sepeda motor, peredam bunyi ada di dalam knalpot, Selain itu pada motor keluaran terbaru di dalam knalpotnya ada part yang namanya catalytic converter atau katalis. Part ini berfungsi sebagai penghilang kandungan berbahaya akibat proses pembakaran seperti hidrokarbon. “Part ini berfungsi menekan kadar emisi gas buang dari sisa pembakaran.

Untuk Proses dan Cara Pembuatan Knalpot Bisa anda simak selengkapnya di  video berikut ini :

Bagaimana Caranya membuat Knalpot sendiri di rumah dengan alat - alat sederhana, yuk kita pelajari caranya !

--> SELANJUTNYA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Caranya Wisata Nyaman Ke Singapura Dengan Biaya Super Hemat dan Murah Meriah

Cara Membangun Rumah Sendiri Tahap demi Tahap

Cara Cepat dan Mudah Supaya Bisa Berenang